Breaking News
Home / Bebas / Terungkap!! Rahasia Air Panas Lebih Cepat Membeku

Terungkap!! Rahasia Air Panas Lebih Cepat Membeku

Pada tahun 1963, seorang siswa asal Tanzania yang bernama Erasto Mpemba, menyadari suatu hal unik saat membuat eskrim. Ketika ia membekukan adonan yang panas mendidih, ternyata adonannya tersebut lebih cepat membeku dari campuran adonan temannya yang lebih dingin. Fenomena aneh ini kemudian dipublikasikan dalam sebuah paper pada tahun 1969 yang disebut dengan Efek Mpemba.

Anehnya, saat itu belum ada yang tahu mengapa efek Mpemba ini dapat terjadi. Belum lama ini, sekumpulan ilmuan dari Southern Methodist University di Texas dan Nanjing University di Tiongkok akhirnya berhasil menemukan jawabannya. Hasil penelitian mereka publikasikan pada Journal of Chemical Theory and Computation. Menurut mereka, terdapat hubungan antara atom dari Hidrogen dan atom dari Oksigen yang ada pada molekul air.

Ikatan dari atom Hidrogen berubah ketika air dipanaskan. Dalam temperatur yang tinggi, lebih banyak ikatan Hidrogen yang kuat karena ikatan yang lemah telah rusak. Hal ini membuat sekelompok molekul membentuk pecahan yang lebih mudah dalam pembentukkan kristal es. Dalam air es, ikatannya lebih mudah untuk dihancurkan terlebih dahulu sebelum akhirnya tersusun menjadi es.

Meski begitu, sejumlah ilmuan lain masih meragukan hasil dari penelitian tersebut. Artikel terbaru lainnya dari November 2016 melaporkan masih belum ada bukti yang dapat mendukung kebenaran dari efek Mpemba tersebut. Penulis dari artikel tersebut menerangkan dia tidak akan termakan dengan kesimpulan dari penelitian mereka.

Yang menjadi masalah besar adalah efek yang susah dihasilkan, walaupun tidak menghentikan banyaknya teori yang terlahir tentang cara agar efek Mpemba dapat bekerja. Salah satunya karena air yang bersuhu tinggi akan menguap sehingga dapat mengurangi massa pada jumlah air yang membeku. Alasan lain yang diberikan karena air yang berada pada temperatur rendah akan membeku mulai dari atas, berbeda dengan air yang bertemperatur tinggi.

Forbes melaporkan pada tahun 2012, Royal Society of Chemistry membuat sebuah kompetisi untuk mendapatkan penjelasan terbaik tentang efek Mpemba. Pemenangnya menjelaskan bahwa itu merupakan fenomena yang “supercooling”. Mengesampingkan hal tersebut, apakah efek tersebut benar adanya? itu masih belum benar dan jelas. Meskipun begitu, penelitian terbaru ini menjadi solusi paling masuk akal yang dapat dimengerti.

Apakah kalian setuju dengan teori tersebut? Atau kalian punya bukti sendiri yang dapat menjelaskannya guys? Hmm, pastinya ini masih menjadi topik yang menarik hingga saat ini.