Breaking News
Home / info / Gedung Pencakar Langit Mampu Perangi Global Warming

Gedung Pencakar Langit Mampu Perangi Global Warming

Keberadaan gedung-gedung pencakar langit sering diprotes oleh para pecinta lingkungan hidup, terutama mereka yang sangat khawatir dengan suhu bumi yang terus meningkat setiap tahunnya. Namun kini dengan semakin berkembangnya teknologi, para ilmuwan bekerjasama dengan para arsitek ternama mencoba membuat sebuah rencana besar berupa konsep pencakar langit yang mampu perangi global warming. Meski masih dalam bentuk wacana dan banyak yang mengatakan bahwa hal ini adalah fantasi belaka, namun jika suatu saat nanti terlaksana, gedung-gedung pencakar langit inilah yang justru mengemban tugas untuk mengurangi global warming yang terjadi di muka bumi. Seperti apa gedung pencakar langit yang justru bakal mampu mereduksi pemanasan global? Nah, daripada penasaran, intip saja karya para arsitek terkemuka berikut ini.

1. Global Cooling Skyscrapper

Global Cooling Skyscrapper ini adalah karya dari Paolo VenturellaArchitechture yang bermarkas di Italia. Konsepnya adalah, pencakar langit ini tak lain adalah sebuah green house, yang bertugas untuk mengusir panas di atas permukaan bumi, dan memindahkan energi panas tersebut ke dalam bumi. Dibekali dengan banyak turbin, pencakar langit ini bahkan mampu mengubah udara yang mengalir di dalamnya menjadi sebuah energi listrik.

2. New York Horizon

Sebenarnya, New York Horizon tak cocok disebut sebagai pencakar langit. Memang tempat ini dikelilingi tembok kaca berukuran tinggi, namun isinya adalah daerah hijau yang membentang luas hingga ke tengah kota. Tentu saja, dengan semakin banyaknya penduduk dan bangunan yang ada di masa yang akan datang, akan semakin sempit pula daerah hijau semacam ini. Jika suatu hari nanti proyek ini memang benar dijalankan dan berhasil, New York Horizon adalah salah satu pencakar langit yang bertugas untuk mengurangi pemanasan global di muka bumi.

3. Bio-Pyramid

Jika diperhatikan, ukuran piramida ini tentulah sangat besar, mirip dengan aslinya yang terdapat di Mesir. Bedanya, isi piramid ini bukanlah mumi, melainkan sebuah mesin raksasa yang mampu menyala sendiri, mengandalkan energi dari greenhouse yang ada di dalamnya. Greenhouse raksasa ini mampu menciptakan energi, serta tentu saja, mengurangi panas bumi yang berlebihan di sekitarnya. Bio-Pyramid juga mampu mengolah air bersih yang sangat berguna bagi warga perkotaan di masa yang akan datang. Dengan semakin sempitnya lahan, Bio-Pyramid bakal jadi sebuah proyek percontohan vertical farming di masa depan.

4. Urban Earth Worm

Sepintas memang mirip dengan cacing tanah berukuran raksasa. Namun jangan takut, cacing tanah raksasa futristik ini justru mengemban tugas berat demi kelangsungan hidup manusia. Seorang arsitek dari Korea Selatan, Lee Seungsoo lah yang mendesain pencakar langit unik ini. Berisi tanaman, pencakar langit ini bertugas untuk membersihkan udara di sekitarnya dari polusi. ia juga mampu mereproduksi sampah penduduk kota, dan mengolahnya menjadi bahan bakar dan energi yang berguna bagi masyarakat tersebut.

5. Data Tower

Sebeanrnya, tower yang satu ini adalah sebuah server internet yang super sibuk. Data Tower ini mampu mereduksi panas dan menghemat energi dengan bantuan temperatur sejuk yang ada di Iceland. uniknya, Tower ini juga mampu mereproduksi kembali sisa energi, dan membuatnya tetap kokoh berdiri di tengah lautan es Iceland.

Check Also

Bingung Bagaimana Memberi Pendidikan Seks pada Anak? Inidia Caranya

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa anak-anak cenderung memiliki tingkat rasa ingin tahu yang sangat …