Breaking News
Home / My Blog / Dampak Buruk Dari Bullying

Dampak Buruk Dari Bullying

Saat ini sangat marak terjadi nya bullying terhadap anak-anak dari yang normal maupun yang non normal. Karena bullying tersebut anak-anak menjai trauma dan enggan untuk bersosialisasi. Kasihan banget yaa, yang bully pada ngga punya hati ya?. Dan apakah bullying itu? Dampak apa yang terjadi pada anak yang kerap selalu mendapatkan bullying di sekolah atau lingkungan nya?

Apa itu Bullying?

Bullying adalah salah satu bentuk dari perilaku agresi dengan kekuatan dominan pada perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan mengganggu anak lain atau korban yang lebih lemah darinya. Victorian Departement of Education and Early Chilhood Development mendefinisikan bullying terjadi jika seseorang atau sekelompok orang mengganggu atau mengancam keselamatan dan kesehatan seseorang baik secara fisik maupun psokologis, mengancam properti, reputasi atau penerimaan sosial seseorang serta dilakukan secara berulang dan terus menerus.

Bentuk-bentuk bullying antara lain seperti berikut:

  1. Bullying fisik, contohnya memukul, menjegal, mendorong, meninju, menghancurkan barang orang lain, mengancam secara fisik, memelototi, dan mencuri barang.
  2. Bullying psikologis, contohnya menyebarkan gosip, mengancam, gurauan yang mengolok-olok, secara sengaja mengisolasi seseorang, mendorong orang lain untuk mengasingkan seseorang secara soial, dan menghancurkan reputasi seseorang.
  3. Bullying verbal, contohnya menghina, menyindir, meneriaki dengan kasar, memanggil dengan julukan, keluarga, kecacatan, dan ketidakmampuan (exampel : “Eh ada sih pincang lewat”).

Bullying bisa terjadi di tempat-tempat berikut ini:

  1. Terjadi pada pada situasi di mana pengawasan yang kurang dari orang dewasa, seperti di kamar mandi sekolah, jalan masuk kelas, dan tempat bermain.
  2. Sering terjadi di tempat bermain daripada di kelas.
  3. Interaksi agresif (baik secara fisik maupun verbal) muncul setiap 24 menit di tempat bermain, sedangkan di dalam kelas kemunculannya sekali setiap 37 menit.
  4. Tempat bermain yang biasanya tidak diawasi oleh guru atau orang dewasa, juga sulit dideteksi karena tingginya aktivitas bermain anak-anak di lapangan dan sering dikira sebagai salah satu bentuk permainan anak-anak misalnya permainan gulat.
  5. Di dalam kelas.

Dampak – Dampak Dari Bullying

Nah, apabila anda berpikir bahwa bullying ini memiliki dampak yang buruk, maka anda tepat. Ada banyak sekali dampak buruk akibat bullying. Berikut ini adalah dampak buruk yang muncul karena bullying :

  • Stress dan depresi

Hal pertama yang paling sering muncul ketika seorang individu mengalami bullying adalah munculnya masalah seperti stress dan juga depresi. Masalah stress dan juga depresi ini apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, maka bias menimbulkan berbagai macam masalah yang lebih pelik dan berbahaya, misalnya mengalami gangguan kepribadian, mengalami somatisasi yang berlebihan, bahkan bias mengalami skizofrenia. Karena itu, berhati – hatilah dengan perilaku bullying ini, karena dampaknya sangatlah buruk.

  • Self Concept yang buruk

Sebagai seorang manusia, kita memiliki self concept. Ibaratnya self concept ini adalah “cetakan” dari diri kita. Seluruh sifat, perilaku, persepsi dan semua yang kita pikirkan tentang diri kita sendiri ada di dalam self concept. Self concept yang baik, tentu akan membuat kita menjadi individu yang lebih percaya diri, lebih baik, lebih bersemangat. Namun demikian, self concept yang buruk akan membuat kita menjadi memiliki banyak pikiran negative tentang diri kita sendiri. Hal inilah yang seringkali muncul dan terjadi pada mereka yang sering mengalami bullying. Sangat berbahaya bukan? Masa sih kita memiliki persepsi yang buruk dan negative terhadap diri kita sendiri?

  • Trauma dan luka batin

Trauma adalah salah satu penyebab munculnya masalah – masalah psikologis yang berat. Misalnya depresi, gangguan kepribadian, kondisi patologis, dan sebagainya. Trauma, bias muncul karena berbagai macam hal, salah satunya adalah bullying ini. Mengalami bullying akan sangat “mempermudah” seorang individu mengalami luka batin dan trauma, yang akan menuntun mereka ke dalam gangguan – gangguan psikologis yang berat. Sudah banyak sekali kasus – kasus berat, seperti depresi berat, percobaan bunuh diri, anorexia, bulimia, dan sebagainya yang ternyata disebabkan oleh trauma karena bullying. Misalnya seorang yang sering di bully karena gendut, dia bisa saja terluka dengan perlakuan itu, hingga mengalami gangguan makan anorexia atau bulimia.

  • Menurunnya prestasi, baik akademis maupun pekerjaan / karir

Sudah banyak sekali penelitian yang mengungkapkan bahwa bullying memiliki hubungan yang negative dengan prestasi, baik itu prestasi belajar di sekolah, maupun prestasi dan performa kerja di dalam lingkungan kantor loh. Jadi, bagi anda yang sering menghadapi kasus menurunnya prestasi, maka ada kemungkinan hal tersebut adalah dampak dari bullying.

Duh, kasian banget kan mereka-mereka yang sudah di bully oleh orang-orang yang tidak punya perasaan itu. Buat kalian guys, jangan sampai ngebully orang ya, dampak nya sangat buruk ke orang tersebut kan kasihan mereka bisa jadi trauma karena hal bullying tersebut.

Check Also

Pencipta PR Pertama Di Dunia

Kalau kamu anak sekolah pasti kamu sudah nggak asing lagi dong dengan Pekerjaan Rumah alias …