Breaking News
Home / My Blog / Pencipta PR Pertama Di Dunia

Pencipta PR Pertama Di Dunia

Kalau kamu anak sekolah pasti kamu sudah nggak asing lagi dong dengan Pekerjaan Rumah alias PR. Pekerjaan rumah yang selalu membuat mu kesal karena terlalu rumit dan terlalu banyak ini ternyata punya sejarah nya lho. Ternyata “PR” telah ada sejak lama. PR selalu menjadi andalan guru saat pelajaran telah selesai, agar anak-anak belajar lagi dirumah. Namun, itu hanya ada pada masa ini. Dahulu seorang guru menciptaakn PR untuk menghukum muridnya? wahh PR menjadi sarana menghukum murid? kok bisa? ingin tahu kisah nya, yuk simak cerita dibawah ini.

Sejarah Tercipta PR

Yang menciptakan PR adalah Roberto Nevilis untuk murid-muridnya di Venice, Italia pada tahun 1905. Sebenarnya, tujuan Roberto adalah supaya murid-muridnya tersebut dapat lebih mengerti makna dari pelajaran yang telah mereka dapatkan, karena hal tersebut, akhirnya PR tidak hanya dijalankan sekolah itu saja, melainkan seluruh dunia mulai mengikuti sistem belajar di rumah tersebut.

Meskipun begitu banyak manfaat diciptakannya PR. Maka, bagi kamu, yang suka dengan adanya PR kamu harus berterima kasih kepada Roberto Nevilis. Faktanya, pada masa itu PR juga diciptakan pada waktu yang sama dengan sistem sekolah formal di sana. Pada masa itu, sekolah formal yang hanya tersedia untuk penduduk tertentu. Dan Roberto ingin membantu para siswanya agar lebih mengerti makna sepenuhnya pelajaran yang telah dipelajari. Selain itu, karena PR diciptakan bersamaan dengan sistem pendidikan formal, PR dijadikan bagian dari sistem pendidikan di Eropa.

Sejarah PR di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, PR sangat jarang ada prakteknya di semua tempat sampai abad ke – 20. Faktanya, PR sangat disukai banyak orang karena pada saat itu muncul sedikit minat dalam pendidikan tinggi untuk mendukung kehidupan keluarganya. Pada tahun 1990 an, orang – orang Amerika lebih suka menggunakan PR untuk mempertimbangkan gelar. Dan hal yang dilakukan Amerika itu, kini dilakukan di semua negara di dunia.

Manfaat dari PR (pekerjaan rumah) :

1. Melatih Kemandirian Kita

Jika, ada PR, setidaknya kita dapat mencoba untuk mengerjakan PR tersebut sendiri terlebih dahulu, jika ada kesusahan, kita baru bertanya kepada teman, orangtua, ataupun guru les.

2. Melatih Kita untuk Lebih Rajin

Mengapa dengan mengerjakan PR dapat melatih kita untuk lebih rajin? Karena, dalam hal mengerjakan PR, tentu saja membutuhkan pengorbanan waktu dan juga usaha kita. Jika kita sudah terbiasa, kita akan lebih mampu untuk menerima tugas yang membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh.

3. Meningkatkan Keterampilan

Dengan mengejarkan PR, kita dapat meningkatkan keterampilan dalam hal-hal seperti menulis, berhitung, menggambar, dan masih banyak lagi.

4. Menambah Partisipasi dari Orangtua

Biasanya, jika kita tidak bisa mengerjakan PR kita, kita bisa bertanya ke orang tua kita. Hal ini juga dapat meningkatkan kepedulian dari orangtua kita kepada proses pembelajaran kita di sekolah dan juga mengembangkan interaksi orangtua ke kita.

5. Menambah Kreativitas

Kok PR bisa menambah kreativitas kita? karena PR tidak selalu dalam bentuk menghitung atau hafalan, juga ada PR yang mengajak kita untuk memakai imajinasi kita, seperti contohnya, mengarang, menggambar, membuat kerajinan tangan dan juga masih banyak lagi.

Check Also

Unik, Desa Botol Plastik Anti Gempa

Holaa Holaaa guys, apa kabaree? Gimana hari ini happy gak? Oh iya, kalian setelah selesai …