Breaking News
Home / Pengetahuan / Hal Inilah Yang Membuat Indonesia Menjadi Peringkat Yang Pertama

Hal Inilah Yang Membuat Indonesia Menjadi Peringkat Yang Pertama

Kalau dipikir-pikir sebenarnya apa sih yang dapat membuat kita bangga dengan negara kita ini guys?. Ya, jawabannya kalian juga sudah tahu kan, kalau Indonesia kita ini memang belum pernah melakukan apa pun yang dapat mengguncang dunia. Kesejahteraan penduduk, prestasi, pendidikan, olahraga, semuanya masih di bawah negara-negara lain.

Yah, walaupun kenyataannya memang seperti itu, kita tetap saja tidak boleh berpikir jelek dengan negara kita ini karena Indonesia nyatanya seringkali jadi nomor satu di dunia dalam berbagai hal. Salah satu contohnya adalah sebagai pemilik tambang emas paling besar sedunia. Tak ada yang bisa mengalahkan kita dengan banyaknya emas yang ada di Papua sana. Meskipun kita hanya sedikit sekali menikmati hasilnya.

Gak cuma itu sih guys, ada beberapa hal lagi yang membuat nama Indonesia mendunia sebagai jawara atau menduduki peringkat pertama. Tapi gak semua yang baik-baik sih, karena akan ada beberapa hal yang bakal bikin kita malu sendiri. Nah, ini dia beberapa hal yang membuat Indonesia menjadi peringkat pertama.

1. Indonesia Mendapat Peringkat Pertama Sebagai Negara Trilingual di Dunia

Sebuah riset unik yang dibuat oleh Website Swiftkey menunjukkan tentang bagaimana penggunaan bahasa dalam suatu negara. Hasilnya sungguh diluar dugaan, Indonesial menjadi yang pertama untuk kategori negara pengguna tiga bahasa atau bahasa kerennya trilingual.

Katanya nih yah guys, kebanyakan orang Indonesia sangat lancar dalam menggunakan tiga bahasa yakni Indonesia, Jawa dan juga Inggris. Indeksnya sendiri adalah sekitar 17 persen dari total populasi orang Indonesia. Tempat kedua diduduki oleh Israel dengan indeks 11, 4 persen. Warga Israel terbiasa menggunakan tiga bahasa yakni Inggris, Rusia, dan Ibrani.

2. Indonesia Juara Dalam Pemberantasan Illegal Fishing

Terlepas dengan gayanya yang nyentrik dan kontroversial, tapi kiprah Menteri Susi Pudjiastuti memang layak diapresiasi. Langkah-langkahnya sangat nyata dalam mereduksi berbagai hal buruk, salah satunya adalah fenomena pencurian ikan oleh kapal asing. Seperti yang kita tahu, ibu dari si cantik Nadine Kaiser ini tak segan menenggelamkan atau meledakkan kapal sang pencuri ikan.

Setelah kejadian ini para pencuri ini makin segan dan Indonesia diganjar penghargaan membanggakan. Ya, beberapa waktu lalu Indonesia diberikan penghargaan sebagai negara nomor satu yang paling aktif memberantas eksploitasi sumber daya laut. Mengenai ini Susi pun mengungkapkan kegembiraannya. “Kita wajib bangga, Indonesia kini nomor 1 dalam pemberantasan Illegal, Unreported, Unregulated Fishing di dunia. Ini satu prestasi yang sangat luar biasa. Dunia akan belajar pada kita.” Keren ya guys.

3. Indonesia Peringkat Pertama Soal Jumlah Wanita yang Bekerja

Yang satu ini mimin masih bingung karena ini termasuk dalam kategori prestasi atau malah miris. Tapi menurut seorang CEO asuransi terkemuka dunia asal Jepang bernama Haruaki Deguchi, Indonesia menempati urutan pertama negara yang paling banyak pekerja wanitanya adalah hal yang bagus, karena itu menunjukkan bahwa wanita di Indonesia dianggap mandiri, tapi di sisi lain peranan laki-lakinya jadi kalah pamor donk.

Jepang sendiri menurut Deguchi tidak akan pernah bisa menyaingi Indonesia dalam hal ini. Hal tersebut berhubungan dengan kebiasaan Jepang di mana pria harus selalu lebih superior. Soal kodrat kewanitaan juga begitu. Wanita mungkin tidak bisa bekerja layaknya pria. Tak hanya soal fisik tapi kontinuitas. Salah satunya wanita pasti butuh waktu untuk hamil sedangkan pria tidak.

4. Indonesia Peringkat Pertama Dalam Hal Cyberbully

Semua orang yang ada di Indonesia ini sudah banyak yang mengetahui tentang sosial media bahkan satu orang saja bisa mempunyai 5 bahkan lebih aplikasi untuk berhubungan ke dunia maya. Mereka sudah sangat mengetahui bagaimana memanfaatkan media ini untuk saling berinteraksi, memperluas jaringan, mencari pasangan dan sebagainya.

Seperti beberapa kejadian yang pernah terjadi, dampak media sosial ini selalu tak hanya tentang hal-hal baik. Cyberbully adalah salah satu contoh dari dampak buruk media sosial ini. Kabar buruknya lagi, Indonesia menempati peringkat pertama dalam hal ini.

Dari data yang diambil di tahun 2013 lalu, Indonesia telah menempati peringkat pertama dengan jumlah 38 persen dari total user seluruh dunia. Angka ini sangat mengejutkan karena di tahun sebelumnya Indonesia hanya menyumbang 21 persen kasus cyberbully dunia. Hal ini harus jadi perhatian karena kita adalah yang tertinggi soal hina menghina di media sosial.

5. Indonesia Jadi yang Pertama Soal Perdagangan Satwa Dilindungi

Bisa dikatakan bahwa Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Sayangnya, hal ini dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menguntungkan dirinya dengan menjual banyak jenis satwa langka. Indonesia adalah negara terbanyak di dunia soal penjualan satwa langka ini.

Di satu sisi banyak aktivis di Indonesia yang menyuarakan kepada masyarakat, tapi di lain pihak hal tersebut diimbangi dengan aktivitas perburuan satwa liar yang sepertinya tak kunjung berhenti itu.

Hal ini sangat ironis tentu saja. Jika suatu ketika ada salah satu spesies langka yang punah, maka sudah pasti dunia akan menuduh orang-orang Indonesia yang melakukannya. Makanya, pihak terkait dan juga masyarakat harus makin waspada.

Wow ternyata hebat juga Indonesia bisa menyandang peringkat pertama dalam berbagai hal, tapi alangkah baiknya kalau hal yang dilakukan adalah hal yang baik. Jadi kita pun akan merasa bangga saat menyandang peringkat pertama. Bener kan guys.

Check Also

Unik, Ritual Untuk Mencari Pasangan Hidup

Setiap manusia telah ditakdirkan oleh Tuhan dengan jodohnya masing-masing dan terkadang ada yang cepat menemukan …