Breaking News
Home / Pengetahuan / Tak Hanya Menjadi Penyedap Rasa, Kini Micin Punya Manfaat Lain Untuk Tanaman

Tak Hanya Menjadi Penyedap Rasa, Kini Micin Punya Manfaat Lain Untuk Tanaman

Bahan penyedap makanan biasanya digunakan untuk campuran masakan supaya menguatkan rasa masakan. Vetsin atau MSG (monosodium glutamate) biasa dicampurkan dalam berbagai masakan. Masyarakat Indonesia gemar menambahkan MSG ke dalam campuran makanan seperti bakso, soto, sup dan tumisan. Tak ayal jika masyarakat Indonesia selalu menyediakan vetsin sebagai salah satu bumbu yang wajib ada di rumah.

Di Indonesia nama merek untuk vetsin sangat banyak ragamnya. Ajinomoto merupakan nama merek dari salah satu produk penyedap makanan yang berupa vetsin atau MSG. Biasanya vetsin ini berwarna putih dan berbentuk kristal yang bisa larut. MSG merupakan saah satu jenis garam yang mengandung natrium yang sebenarnya tidak berbahaya jika dikonsumsi setiap hari asalkan dengan takaran yang tidak berlebihan.

Sekilas tentang Monosodium Glutamat

Monosodium glutamate (MSG) atau Sodium Glutamat atau Mononatrium Glutamat atau sering disebut juga vetsin atau micin, merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu jenis asam amino non-esensial paling berlimpah yang terbentuk secara alami.

Produsen industri makanan menggunakan MSG sebagai penguat cita rasa karena zat ini mampu menyeimbangkan, menyatukan, dan menyempurnakan persepsi total rasa lainnya. Merk dagang monosodium glutamat yang banyak beredar di Indonesia diantaranya Ajinomoto, Miwon, Sasa dan lainnya.

Asal mula MSG berasal dari temuan seorang professor dari Jepang yaitu Profesor Kikunae Ikeda pada tahun 1908. Kristal MSG didapatnya dengan mengisolasi asam glutamat dari ganggang laut Laminaria japonica, kombu, dengan ekstraksi air kemudian melakukan kristalisasi.

Rasa khas MSG yang asing dinamai dengan rasa umami. Profesor Kikunae Ikeda memperhatikan bahwa kaldu Jepang katsuobushi dan kombu mempunyai rasa tidak biasa yang pada waktu itu belum secara ilmiah dideskripsikan dan berbeda dari rasa manis, asin, asam, dan pahit.

Kemudian Profesor Ikeda menamai produk ini sebagai monosodium glutamat dan mengajukan hak paten untuk memproduksi MSG. Oleh Suzuki bersaudara pada tahun 1909 memulai produksi MSG secara komersial dengan merk dagang AJI-NO-MOTO. Ajinomoto yang dalam bahasa Jepang berarti intisari rasa, dan ini merupakan kali pertama monosodium glutamat diproduksi di dunia.

Kandungan Unsur Hara Dalam MSG

Selain untuk menambahkan rasa pada masakan ternyata MSG juga bermanfaat untuk tanaman. Jika dilihat dari kandungannya, memang MSG terdiri dari unsur hara yang dapat menyuburkan tanaman yaitu senyawa C, H, O, N, dan Na.

Adapun manfaat unsur unsur dalam senyawa MSG antara lain :

1. Karbon (C)

Karbon merupakan unsur penting dalam fotosintesis tanaman dengan bantuan sinar matahari sebagai pembangun bahan organic. Tanaman mengambil karbon dari alam melalui daun dan akar dalam bentuk senyawa CO2 ( karbon dioksida) dan senyawa karbon lainnya. Bahan organic dalam tanaman yang di bentuk karbon seperti bahan bahan kering dari tanaman, misalnya kulit kayu, kulit buah dan lainya

2. Oksigen (O)

Oksigen diserap tanaman dari udara oleh daun dan dari tanah oleh akar berupa senyawa CO2 dan H2O (air). Fungsinya juga sebagai pendukung pembangun bahan organik tanaman.

3. Hidrogen (H)

Hidrogen merupakan elemen pokok pembangunan bahan organic selain karbon dan oksigen. Tanaman menyerap hidrogen sumbernya dari air

4. Nitrogen (N)

Diambil dan diserap oleh tanaman dalam bentuk senyawa NO3- NH4+. Fungsi utama Nitrogen bagi tanaman adalah:

  • Diperlukan untuk pembentukan atau pertumbuhan bagian vegetatif tanaman, seperti daun, batang dan akar.
  • Berperan penting dalam hal pembentukan hijau daun atau klorofil yang berguna sekali dalam proses fotosintesis.
  • Membentuk protein, lemak dan berbagai persenyawaan organik.
  • Meningkatkan mutu tanaman penghasil daun-daunan.
  • Meningkatkan perkembangbiakan mikro-organisme di dalam tanah. Mikroorganisme dalam tanah sangat bermanfaat dalam memacu pembentukan unsur hara yang bermanfaat bagi tanaman.

5. Natrium (Na)

Manfaat unsur Natrium berperan dalam pembentukan stomata pada daun pembentukan umbi, mencegah pembusukan , dan dapat menggantikan peran unsur K (Kalium). Tanaman yang menunjukakan gejala kekeurangan kalium dapat diperbaiki pertumbuhannya dengan adanya unsur hara Natrium.

Manfaat MSG Untuk Kesuburan Tanaman

1. Menyuburkan tanaman

Manfaat pertama dari MSG untuk tanaman yakni dapat berikan kesuburan pada tanaman. Kandungan atrium yang tinggi yang tekandung pada MSG dapat memengaruhi tingkat kesuburan satu tanaman itu. Dengan menyiram tanaman memakai larutan MSG dengan air secara teratur, jadi tingkat kesuburan dari tanaman akan jadi lebih baik lagi, yang ditandai dengan :

  1. Daun yang lebih hijau
  2. Daun tanaman yang lebat
  3. Tanaman jadi lebih sehat

2. Mempercepat perkembangan tanaman

Manfaat yang lain dari kandungan natrium yang ada pada MSG yakni untuk mempercepat pertumbnuhan tanaman. Manfaat untuk tanaman buat sistem perkembangan tanaman akan jadi lebih cepat, daun jadi lebih cepat menghijau, dan batang serta tanaman sebagai lebih cepat besar.

3. Mempercepat munculnya bunga

Kecuali dapat mempercepat perubahan dari tanaman, MSG bisa pula mempercepat partumbuhan bunga dari tanaman itu. Sistem ini dipercaya tidak memiliki resiko jelek, karena bunga yang nampak, walaupun tumbuh lebih cepat, tetapi warna dan bentuk dari bunga yang mncul tidak beralih.

4. Penuhi keperluan nutrisi tanaman

Bukan hanya manusia dan hewan, tanaman juga demikian memerlukan nutrisi yang komplit supaya dapat hidup. Biasanya nutrisi untuk tanaman didapat dari pupuk yang sering kita gunakan. Walau demikian ada kalanya harga pupuk yang kurang bersahabat, sampai anda cukup menyiramkan larutan MSG. Siramkan air ke tanaman yang paling disayangi agar bisa tumbuh subur dan mengkonsumsi nutrisinya tercukupi dengan baik.

5. Tanaman jadi tidak mudah mati

Dengan tercukupinya nutrisi yang diperlukan oleh tanaman, jadi tentunya tanaman akan tumbuh dengan subur. Bila tanaman dapat tumbuh dengan subur dan baik, jadi hal sejenis ini akan kurangi kemungkinan matinya tumbuhan yang paling disayangi anda.

6. Jauhi tanaman dari pupuk kimia yang berbahaya

Manfaat MSG untk tanaman yang lain, dapat jauhi tanaman dari kandungan kimia-kimia yang memiliki resiko, yang ada pada pupuk.

7. Tingkatkan kandungan air waktu musim panas

Natrium yang ada pada MSG ini kenyataannya memiliki manfaat yang lain, yaitu menghindar terjadinya resistensi air, dengan kata lain menghindar tanaman alami kekurangan air terutama saat musim panas atau musim kering. Sudah bukanlah rahasia umum, hampir semuanya makhluk hidup membutuhkan air, demikian halnya tanaman. MSG membantu memaksimalkan penyerapan air pada tanaman, terlebih pada musim kering.

Demikian penjelasan tentang manfaat MSG atau mecin atau vetsin untuk kesuburan tanaman. Semoga bermanfaat.

Check Also

Unik, Ritual Untuk Mencari Pasangan Hidup

Setiap manusia telah ditakdirkan oleh Tuhan dengan jodohnya masing-masing dan terkadang ada yang cepat menemukan …