Breaking News
Home / Pengetahuan / Ternyata Ini Helm Yang Dipakai Pada Saat Perang Dulu

Ternyata Ini Helm Yang Dipakai Pada Saat Perang Dulu

Beberapa hal pertama yang membuat saya tertarik dengan sejarah sebagai seorang anak muda adalah senjata dan perisai. Sebagai seorang anak laki-laki tidak mengherankan bahwa inilah yang menarik saya ke dunia kuno dan abad pertengahan .

Saya pernah membaca sebuah buku yang berjudul The Art of Chivalary dan saya selalu membacanya berulang-ulang. Saya sangat terpesona dengan gambar pedang, baju baja,  senjata, perisai dan tanda hack dari berbagai pertempuran. Tapi sebenarnya masih ada benda lain yang sebenarnya kita gak menyadarinya bahwa itu juga penting. Ada yang tahu gak? Benda itu adalah helm perang.

Selain dari memakai perlengkapan perang kebanyakan para pejuang dan tentara juga mengenakan helm perang. Walaupun pemakaian helm perang ini hanya untuk menutupi kepala dan wajah, ternyata model dari helm perang ini sangatlah bervariasi.

Nah, pasti pada penasaran kan dengan bentuk helm perang ini? Ini dia daftar helm perang yang ada pada zaman kuno.

A. Mycenaean Boar’s Tusk Helmet

Pilihan saya yang pertama pada daftar ini mungkin sangat tidak kamu harapkan untuk dilihat. Helm ini tidak terbuat dari besi ataupun perunggu melainkan dari taring babi hutan dan juga macan yang dijadikan satu.

Kita semua pasti pernah mendengar tentang perang Trojan, tetapi penggambaran orang Yunani dan Trojan  saat mengenakan helm perang ini tidak pernah terdengar. Ini adalah helm yang sangat kuno yang dipakai oleh para pahlawan yang berjuang di bawah dinding Troy yaitu dinding yang paling terkenal pada zaman perang.

B.  Jousting Helmet

Jika gladiator adalah hiburan dari dunia romawi maka jousting adalah hiburan pada abad pertengahan. Sewaktu saya masih kecil, saya sudah sangat menyukai ini. Dua ksatria berbaju besi berlari ke arah satu sama lain dengan membawa tombak, bagi saya itu sangatlah keren. Saya bisa melihat kuda-kuda mereka terperangkap saat berperang dan saat mereka menjadi semakin dekat, tombak mereka akan menghancurkan berbagai perisai..

Pada pertandingan ini para ksatria akan memakai helm yang tebal dan berat agar dapat menghindari tombak saat berperang tapi yang memakai helm ini harus berhati-hati saat memutar kepala karena kalau tidak mereka akan tercekik dengan helm mereka sendiri.

C. Hellenistic Cavalry Helmet

Ketika kamu masuk ke dalam zaman Alexander the Great dan penerusnya, mereka akan mulai menambah lebih dari sekedarnya untuk penutup kepala mereka. Alexander akan memiliki helm khusus yang dilengkapi hanya untuk dia. Helm ini terlihat seperti kepala singa yang dapat kamu lihat pada koin zaman dulu.

Saya membuat ini menjadi daftar yang ketiga karena ini dianggap yang terbaik oleh Alexander Companion kavaleri dan ini memang yang terbaik pada dunia kuno. Mereka yang memakai helm ini akan terlihat glamor dan tentu saja keren. Mereka memakai helm kavaleri Boeotian ini dengan hiasan seperti kemenangan dan hiasan Mushaf .

D. Norman Conical Helmet

 

Tahun 1066 adalah tahun yang sudah kita kenal dengan masa peperangannya. Ini adalah tahun dimana William sang Penakluk dan pasukan Norman Inggris menyerang dan membunuh raja Saxon yang terakhir, Harold di Battle Hastings. Mereka tidak hanya menggunakan perisai dan rantai untuk melawan musuh-musuh mereka tapi mereka juga menggunakan helm perang untuk melindungi kepala dan wajah mereka.

E.  Murmillo Gladiator

Orang Roma tidak selalu melakukan kekerasan di medan perang. Mereka juga menikmati waktu santai pada hari Sabtu sore dan mereka sangat bersenang-senang!

Beberapa gambaran paling abadi dari Roma kuno yang masih kita miliki adalah gladiator pertempuran pada sebuah gelanggang. Gladiator adalah budak yang juga merupakan pemain sandiwara dan beberapa dari mereka telah mencapai tinggkat yang tertinggi.

Para Gladiator tidak ada yang memakai topeng tetapi mereka memakai helm yang bisa dibilang agak ribet. Helm gladiator favorit saya adalah Murmillo, bentuk helm ini diyakini memiliki hubungan dengan makhluk laut dan helm ini dipakai untuk melawan seorang prajurit Thracian atau Thraex.

Mimin baru tahu dech kalau ternyata helm yang dipakai saat perang sangat bervariasi, udah gitu bentuknya unik-unik lagi, mana helm yang kalian suka?

 

Check Also

Ini Dia Bahasa Dari Seluruh Dunia Yang Paling Sering Digunakan

Bahasa merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata …