Breaking News
Home / Pengetahuan / Yuk, Kenali Lebih Jauh Hewan Metamorfosis “Kupu-Kupu”

Yuk, Kenali Lebih Jauh Hewan Metamorfosis “Kupu-Kupu”

Halo sahabat sekalian apa kabarnya nih, sehat dong tentunya. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tentang hewan cantik kupu-kupu. Ya, mungkin sebagian masih ada yang belum paham bagaimana proses terbentuknya kupu-kupu yang awalnya hanya seekor ulat. Untuk itu silahkan simak artikel di bawah ini untuk mendapatkan informasi yang lebih jelasnya lagi.

Spesifikasi Kupu-kupu

Kupu-kupu adalah jenis serangga yang masuk dalam golongan ordo Lepidoptera yaitu serangga bersayap sisik. Kupu-Kupu memiliki warna cerah yang indah dan beragam. Kupu-Kupu merupakan hewan diurnal atau hewan yang aktif pada siang hari. Kupu-Kupu mampu hidup selama seminggu atau setengah bulan tergantung spesiesnya. Kupu-Kupu dapat mengalami metamorfosis yaitu suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik atau struktur setelah kelahiran atau penetasan.

Jika berbicara tentang metamorfosis, maka hewan satu inilah yang akan pertama kali muncul dalam pikiran kita. Ya, tentu saja karena kupu-kupu adalah hewan dengan metamorfosis sempurna. Berawal dari seekor ulat yang banyak dibenci oleh manusia karena bentuk dan juga tergolong hama, lalu berubah menjadi seekor serangga yang bersayap indah dan membantu banyak tanaman dalam proses penyerbukan. Namun jangan salah, karena ada pula hewan yang memiliki bentuk yang sama dengan kupu-kupu, yaitu ngengat.

Secara sederhana, kupu-kupu dibedakan dari ngengat berdasarkan waktu aktifnya dan ciri-ciri fisiknya. Kupu-kupu umumnya aktif di waktu siang (diurnal), sedangkan kebanyakan jenis ngengat aktif di waktu malam (nocturnal). Kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya, ngengat hinggap dengan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang, ngengat cenderung gelap, kusam atau kelabu. Meski demikian, perbedaan-perbedaan ini selalu ada pengecualiannya sehingga secara ilmiah tidak dapat dijadikan sebagai pegangan yang pasti.

Siapapun akan kagum melihat keindahan kupu-kupu bahkan tak sedikit yang menjadikan kupu-kupu sebagai hewan peliharaan. Namun untuk menjadi kupu-kupu yang indah ia harus melewati proses metamorfosis. Proses metamorfosis pada kupu-kupu bisa dibilang cukup panjang dan lama.

Secara sederhana terdapat empat tahapan dalam metamorfosis kupu-kupu ini. Daur hidup atau metamorfosis kupu-kupu dimulai dari telur. Telur kupu-kupu biasanya ada di permukaan daun. Telur kemudian menetas menjadi ulat. Ulat akan makan selama berhari-hari, setelah beberapa lama ulat akan berhenti makan dan mulai berubah menjadi kepompong.

Masa kepompong ini berlangsung berhari-hari. Jika telah sempurna, kupu-kupu keluar dari kepompong dan setelah itu menjadi kupu-kupu dewasa yang indah dan cantik. kupu-kupu dewasa akan berkembang biak lagi dengan bertelur (ovipar). Kemudian dari telur- telur itu akan mengalami proses metamorfosis lagi. Berikut ini berikut proses daur hidup pada kupu-kupu dan penjelasannya:

  • Fase Telur

Metamorfosis kupu kupu diawali dengan fase telur. Induk betina kupu-kupu, setelah terbuahi ia akan bertelur dan meletakkan telurnya tersebut di dedaunan. Dedaunan sengaja dipilih agar setelah menetas, bayi kupu-kupu (ulat atau larva) akan mudah memperoleh makanannya.

Dari awal peletakan telur hingga telur menetas biasanya dibutuhkan waktu antara 3 sampai 5 hari. Saat telur menetas, larva akan keluar dari cangkang telur dan memakan cangkang telurnya itu sebagai makanan pertamanya, kemudian memakan daun-daun di sekitarnya sehingga menyebabkan daun-daun tersebut berlubang.

  • Fase Larva (Ulat)

Larva adalah sebutan lain dari ulat kupu-kupu, pada tahap ini banyak orang merasa jijik melihatnya. Setiap harinya ulat akan memakan daun dan mempunyai pertumbuhan sangat cepat. Seiring pertumbuhan ukuran ulat akan melebihi kulitnya sendir sehingga secara alami ulat akan berganti kulit atau biasa disebut molting. Biasanya ulat akan berganti kulit 4 sampai 6 kali. Ketika larva sudah mencapai ukuran maksimal dia akan berhenti untuk makan dan kemudian mencari tempat berlindung, untuk berubah menjadi kepompong.

  • Fase Kepompong (Pupa)

Fase pupa atau disebut juga fase kepompong adalah tahap peristirahatan pada proses metamorfosis kupu kupu dari fase larva ke fase imago (kupu-kupu dewasa). Saat periode prapupa, larva akan menggulung dirinya dalam bungkus yang keras dan halus, bungkus ini melindungi kepompong dari kondisi luar.

Kepompong atau pupa ini dapat kita temukan dalam berbagai warna seperti coklat, hitam, hijau dan lain sebagainya sesuai dengan warna lingkungan di sekitarnya. Kesamaan warna pupa dengan lingkungan dimaksudkan sebagai kamuflase untuk menghindari serangan para perdator.

Fase pupa biasanya berlangsung antar 7 sampai 20 hari tergantung jenis dan spesiesnya. Mengawali berakhirnya fase pupa, kupu-kupu akan keluar secara perlahan dari ujung kepompong dan memulai tahapan perkembangan selanjutnya menjadi imago.

  • Fase Kupu – Kupu (Imago)

Setelah berlalu beberapa hari kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu yang indah. Saat pertama kali keluar dari kepompong, sayap kupu-kupu akan terlihat kusut, kecil, basah dan terlihat menempel di cangkang kepompong. Menurut penelitian, cairan basah yang menyelimuti kupu-kupu ketika baru keluar dari kepompong berfungsi untuk membantu pembesaran sayap dan tubuh kupu-kup, cairan tersebut disebut Hemolymph.

Untuk pertama kalinya kupu-kupu akan merangkak ke atas dahan agar tubuhnya mengering dan sayapnya bisa berfungsi dengan normal. Untuk menunjang pertumbuhannya kupu-kupu dewasa akan mencari bunga untuk menyerap sari atau nektar bunga pada siang hari.

Kupu- kupu dewasa merupakan hewan dengan mobilitas yang tinggi dengan sayapnya dibanding ketika fase larva yang sangat lamban. Fase dewasa ini bertanggung jawab atas kelangsungan jenisnya dan menentukan di mana individu- individu baru akan berkembang.

Makanan Kupu-Kupu

Pada dasarnya, kupu–kupu jarang makan, namun mereka sering meminum nutrisi yang terlarut dalam air dari berbagai sumber. Mereka menggunakan belalai di bagian mulutnya untuk menghisap makanannya. Secara umum, berbagai jenis kupu – kupu mempunyai kebiasaan makan yang berbeda–beda dan di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang disukai oleh kupu–kupu:

  • Serbuk sari dan nektar. Kedua jenis makanan ini merupakan jenis yang paling umum dan sangat digemari oleh kupu-kupu untuk dikonsumsi. Kupu – kupu tertarik dengan bunga-bunga berwarna cerah dan penuh warna – warni. Nektar menjadi makanan mereka karena kaya akan kandungan nutrisi serta gula yang memberikan bantuan energi instan terhadap tubuh mereka.
  • Kotoran hewan atau kotoran burung. Kedua jenis makanan ini merupakan pilihan favorit kupu – kupu meskipun terlihat menjijikkan. Kotoran hewan atau kotoran burung kaya akan kandungan zat – zat mineral yang penting untuk kelangsungan hidup hewan kupu – kupu. Tetapi kotoran – kotoran tersebut harus dalam kondisi baru atau segar dan masih lembap sehingga memudahkan kupu – kupu untuk menghisapnya.
  • Buah – buahan yang busuk. Makanan jenis ini merupakan makanan favorit semua jenis kupu – kupu. Sari – sari madu yang terkandung dalam sebutir buah busuk (apalagi yang masih menggantung di pohonnya) dihisap oleh kupu – kupu melalui organ mulutnya yang berbentuk belalai dan disebut dengan istilah proboscis.
  • Garam dan keringat. Kupu-kupu tertarik dengan zat natrium yang banyak ditemukan pada garam dan keringat. Sering terlihat beberapa kupu–kupu hinggap di tubuh manusia dalam jangka waktu cukup lama. Mereka sebenarnya sedang menghisap sejumlah zat natrium yang melekat di kulit tubuh anda yang sedang berkeringat.
  • Getah – getah pohon. Kupu–kupu menyukai getah pohon yang banyak mengandung berbagai nutrisi. Sebagian jenis kupu – kupu menyukai getah dari sembarang pohon yang tidak beracun, sedangkan yang lainnya senang menghisap getah dari pohon– pohon tertentu.

Jenis Kupu-Kupu Langka Di Indonesia

Di Indonesia, terdata sekitar 2.500 lebih jenis kupu-kupu yang tersebar di seluruh kawasan Indonesia. Namun yang dilindungi hanya beberapa karena kupu-kupu ini masuk dalam daftar kupu-kupu langka. Padahal Indonesia termasuk dalam Negara dengan keanekaragaman spesies kupu-kupu tertinggi kedua di dunia. Ada beberapa spesies kupu-kupu yang terhitung sebagai jenis kupu-kupu langka dan hampr mengalami kepunahan seperti berikut ini:

  • Kupu-kupu Daun Mati

Keahlian dari kupu-kupu ini adalah mampu kamuflase dengan menghindari pemangsa dengan meniru daun yang mati. Kupu-kupu daun terlihat sangat pintar menyerupai daun. Mereka terbang datang dalam segala macam warna dan bentuk, tetapi ketika sayap mereka melipat mereka terlihat seperti daun mati.

  • Kupu-kupu Sayap Renda

Nama latin Cethosia myrina. Kupu-kupu ini hanya ditemukan di Sulawesi bagian selatan. Pinggiran sayapnya berlekuk-lekuk seperti renda dan masyarakat setempat pun lantas menyebutnya Kupu-Kupu Sayap Renda. Kupu-kupu ini memiliki rentang sayap 7 hingga 9cm.

  • Kupu-kupu Sayap Transparan

Kupu-kupu kaca dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan glasswing butterfly, dengan nama latin Greta oto . Hewan ini memang berasal dari keluarga kupu-kupu bersayap transparan. Kupu-kupu Glasswing atau kupu-kupu Frosty-Tipped Clearwing merupakan jenis kupu-kupu yang mempunyai sayap transparan seperti kaca. Kupu-kupu dengan lebar sayap antara 2,2 – 2,4 inci (5,6 – 6,1 cm).

  • Kupu-kupu Burung Hantu Raksasa

Itulah kupu-kupu burung hantu alias owl butterfly yang memiliki nama latin Caligo memnon, caligo berarti kegelapan. Kupu-kupu ini memang binatang crepuscular, yaitu lebih aktif ketika hari mulai senja atau ketika hari masih sangat pagi sedangkan siang hari mereka lebih banyak beristirahat.

Sebenarnya, kupu-kupu itu tak banyak berbeda dengan kupu-kupu lain. Hanya saja pola lingkaran pada sayapnya memang menyerupai mata burung hantu. Kalau sayap bagian depan mempunyai mata burung hantu, maka sayap bagian belakang polos dengan warna-warna gradasi yang indah. Panjang rentang sayapnya bisa mencapai 15 cm dan dengan sayap lebar ini, dia hanya mampu terbang dalam jarak pendek. Namun, hewan-hewan pemangsa juga akan kesulitan untuk memakannya.

  • Kupu-kupu Sayap Burung Surga

Kupu-kupu sayap burung surga (Ornithoptera paradisea) atau paradise birdwing butterfly merupakan salah satu spesies endemik Pulau Papua yang menarik perhatian, khususnya para peneliti dan ahli serangga ketika berkunjung ke kawasan ini. Kupu-kupu sayap burung surga memiliki bentuk sudut sayap dan cara terbang layaknya seperti seekor burung pada umumnya. Hal ini bisa jadi dikarenakan rentang sayapnya yang cukup lebar, yaitu 14-19 cm dan hanya berbeda beberapa sentimeter dengan Ornithoptera alexandrae yang mencapai 25 cm.

  • Kupu-kupu Ratu Alexandra Birdwing

Kupu-kupu Queen Alexandra’s Birdwing (Ornithoptera alexandrae) merupakan kupu-kupu terbesar di dunia. Rentang sayap kupu-kupu betinanya (yang ukurannya lebih besar dari jantan) dapat mencapai 31 cm (sekitar 12 inci) dengan panjang badan mencapai 8 cm (3.2 inci) dan berat hingga 12 gram. Kupu-kupu raksasa beracun yang hidup di Papua Nugini ini merupakan spesies langka dan dilindungi.

Jenis Kupu-Kupu Yang Indah Di Dunia

Kalau di atas sudah disebutkan kupu-kupu yang hampir langka di Indonesia, maka sekarang akan disebutkan kupu-kupu yang menakjubkan dan sangat indah di dunia:

  • Red Lacewing

Ada banyak jenis kupu-kupu indah yang mendiami daerah-daerah di Filipina, di antaranya adalah jenis Red Lacewing. Kupu-kupu ini bukanlah kupu-kupu yang termasuk dalam kategori terancam punah dan dapat dengan mudah ditemui di India, Nepal, China dan Indonesia. Dengan warna yang mencolok serta pola yang kompleks, kupu-kupu ini memang dapat dikatakan sebuah karya seni.

  • Peacock Butterfly

Jenis kupu-kupu ini terdapat di belahan Eropa. Meskipun di belahan Eropa, banyak memiliki species kupu-kupu indah, namun jenis Peacock Butterfly yang paling indah. Kupu-kupu jenis ini merupakan jenis yang artistik dalam hal penampilan dan selain di Eropa, kupu-kupu jenis ini bisa juga ditemukan di daerah beriklim sedang di Asia. Bentuk jenis kupu ini tidak begitu besar, dasar warna pada ke sayapnya adalah warna merah karat dan di kedua ujung sayap, masimg-masimg terdapat motif sehingga kelihatan begitu indah dan mempesona.

  • Australian Painted Lady

Namanya juga sudah Australian Painted Lady, sudah pasti kuu-kupu jenis ini berasal dari Benua Australia. Kupu-kupu jenis ini termasuk salah satu yang paling menakjubkan di dunia, karena warna dan motifnya yang khas. Selain di Australia jenis ini juga bisa ditemukan di New Zealand.

Kupu-kupu ini biasanya bermigrasi ke Selatan dengan jumlah yang besar, dari negara-negara bagian Utara seperti: Queensland dan New South Wales. Bila saat kupu-kupu ini bermigrasi, sungguh merupakan suatu pemandangan yang luar biasa dari ribuan kupu-kupu yang berterbangan dengan warna nan indah serta motif yang unik.

  • Purple Spotted Swallowtail

Purple Spotted Swallowtail adalah jenis kupu-kupu yang tidak diragukan lagi keindahannya, habitatnya saat ini semakin terancam. Kupu-kupu indah ini berasal dari keluarga Papillionidae dan merupakan jenis kupu-kupu yang sangat langka dan hanya terdapat di dataran tinggi Papua Nugini.

  • Monarch Butterfly

Lain Australian Painted Lady, lain pula Monarch Butterfly karena untuk jenis yang fantastis ini atau bisa disebut “Karya Seni Hidup”, Amerika Utara adalah rumahnya. Jenis ini terkenal dengan motif sayapnya seperti jeruk (perhatikan motif, warna serta bentuknya yang sempurna antara kedua sayapnya, persis sama) dengan pola warna hitam dengan lebar sayap sekitar 4 inchi.

Manfaat Adanya Kupu-Kupu

Manfaat kupu-kupu bagi manusia sangat besar. Keterkaitan antara manusia dan kupu-kupu, sesungguhnya adalah hal yang istimewa. Banyak manfaat didapat manusia dengan kehadiran kupu-kupu di alam. Manfaat langsung dari kupu-kupu adalah dengan adanya usaha peternakan semi-alami dari kupu-kupu. Seperti yang pernah dilakukan di daerah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, masyarakat lokal dapat menjual pajangan dari kupu-kupu yang telah diawetkan dan dengan demikian penghasilan masyarakat meningkat.

Lalu manfaat hewan cantik ini untuk bunga apa ya kira-kira? Bunga merupakan suatu anggota dari tanaman yang fungsi utamanya adalah sebagai tempat perkawinan antara alat kawin tanaman jantan yang berupa benang sari dan alat kawin tanaman betina yang berupa putik.

Biasanya bunga terdiri dari warna cerah memikat serta beberapa memiliki bau wewangian yang berfungsi menarik perhatian organisme di lingkungannya demi membantu memudahkan proses perkawinan sehingga bakal biji pun dapat terbuahi dan keberlangsungan hidup suatu spesies tanaman tersebut dapat terus dilestarikan keberadaannya.

Tanaman jenis ini memiliki bunga dan bagian-bagian bunga dengan warna mencolok serta wewangian semerbak dan tak ketinggalan pula dengan nekhtar manis yang terkandung di dalamnya demi menarik organisme di sekitarnya seperti kupu-kupu yang bermanfaat seperti berikut ini:

  • Secara garis besar yakni membantu kelancaran terjadinya suatu proses terjadinya penyerbukan pada bunga dan tanaman yang memiliki hasil akhir terjadinya suatu pembijian yang akan meneruskan keberadaan dan melestarikan suatu jenis spesies tanaman tersebut
  • Lebih detailnya kupu-kupu sangat membantu bunga dalam menyebarkan serbuk sari sehingga dapat menemui putik dan terjadilah suatu proses penyerbukan yang maksimal dan sempurna
  • Mencegah terjadinya kemungkinan layunya bunga yang mengandung putik beserta benang sari mati tanpa menghasilkan suatu biji buah yang meneruskan keberlangsungan spesies tanaman tersebut.
  • Menjadi contoh sempurna dari terjalinnya simbiosis mutualisme antara hewan dan tanaman yakni kupu-kupu membutuhkan nekhtar manis dari bunga dan sebaliknya kupu-kupu pun membantu semakin mudahnya penyerbukan tanaman sehingga dapat dihasilkan kembali generasi biji baru demi semakin lestarinya spesies tanaman tersebut

Kupu-kupu bukan hanya menyangkut keindahan ataupun habitat dan cara hidup mereka, namun permasalahan eksploitasi berlebihan yang tidak diiringi dengan pemeliharaan ataupun konservasi menjadikan permasalahan kelangkaan hingga kepunahan.

Banyak orang menyukai kupu-kupu yang indah, namun sebaliknya banyak orang yang merasa jijik pada ulat, padahal keduanya adalah makhluk yang sama. Semua jenis kupu-kupu akan selalu melalui tahapan-tahapan hidup, yaitu mulai dari telur, ulat, kepompong dan akhirnya bermetamorfosis menjadi kupu-kupu.

Ya, itulah kurang lebih penjelasan di atas tersebut ya sahabat sekalian, semoga kalian dapat memahaminya informasi di atas.  Oh iya jangan lupa kita sama-sama harus menjaga habitat kupu-kupu agar tidak langka dan punah. Nah sampai di sini dulu ya perjumpaan kita dan semoga bertemu di artikel lainnya…

Check Also

Hal Inilah Yang Membuat Indonesia Menjadi Peringkat Yang Pertama

Kalau dipikir-pikir sebenarnya apa sih yang dapat membuat kita bangga dengan negara kita ini guys?. …